Cara mengecek kecepatan koneksi internet

Advertisemen
Kecepatan dari koneksi internet menjadi sumber cepatnya akses internet yang kita gunakan biasanya saat pembelian paket internet kita akan diberi tau berapa kecepatan internet yang kita beli namun sering kali kecepatan yang tercantum saat pembelian paket internet tidak sesuai dengan kecepatan yang kita dapat setelah membeli dan merasakan nya sendiri atau malah kita tidak tau mengenai kecepatan internet yang kita pakai.

biasanya kecepatan internet juga sangat dipengaruhi oleh sinyal yang didapat oleh modem kita dan modem yang kita pakai pun juga mempengaruhi kecepatan internet, kebanyakan oprator sekarang menawarkan akses 3G terhadap kecepatan internetnya bahkan sudah ada oprator yang menawarkan kecepatan internet di jaringan 4G namun hanya dibeberapa daerah saja yang sudah mendapatkan sinyal 4G ini.

Cara mengecek kecepatan koneksi internet
Cara mengecek kecepatan koneksi internet
beberapa situs untuk mengecek kecepatan maximal internet anda:
  1. Telin Speedtest
  2. Speedtest.net
  3. Cnet Bandwich meter
  4. Speedtest4
  5. Speedof.me
Kecepatan internet dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor maka dari itu untuk mendapat pengecekan koneksi internet yang lebih akurat ada beberapa tips untuk anda:
  1. Close semua tab di browser yang sedang berjalan dan hanya buka tab yang anda pergunakan untuk membuka test speed internet anda .
  2. Close juga semua aplikasi yang ikut atau menggunakan koneksi internet hal ini akan mempengaruhi proses pengecekan dan hasilnya nanti tidak akan maximal.
  3. Lakukan lah pengecekan internet di jam yang berbeda seperti saat pagi , siang dan malam karena hasil yang anda dapat akan berbeda hal ini di pengaruhi oleh banyak pengguna internet yang aktif menggunakan oprator yang sama dengan oprator yang anda gunakan untuk modem anda.
Perlu anda ketahui sebagai pengetahuan anda bahwa semakin banyak pengguna internet dari suatu oprator di suatu daerah maka akan semakin lambat pula koneksi internetnya karena semua pengguna internet dengan oprator yang sama dan daerah yang sama akan menggunakan isp yang sama di satu tower yang sama juga kecepatan internet akan berkurang jika semakin banyak penggunanya.

Teorinya seperti ini jika hanya ada 1 tower isp disuatu daerah dan isp tersebut berkapasitas 100 orang makan kecepatan internet akan lebih maksimal jika digunakan oleh 100 orang juga namun jika pengguna internet bertambah menjadi 200 orang maka kecepatan semula internet akan dibagi dua dari kecepatan awal nya jadi tidak heran jika koneksi internet anda terkadang menjadi lambat dijam-jam tertentu.

Semoga setelah membaca artikel saya ini yang berjudul cara mengecek kecepatan koneksi internet ini anda bisa dengan mudah mengecek kecepatan anda sendiri dan anda juga dapat mengetahui bahwa kecepatan internet yang ditawarkan oprator saat membeli paket berbeda dengan kenyataan kecepatan internet yang kita dapat saat menggunakan nya sendiri, Terima kasih
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 Yuli Agustiani - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger