Business Model Kanvas "SeaFood"

Advertisemen



BAB I

1.1 Company profile

Rumah makan Yuli adalah sebuah rumah makan yang khusus menjual makanan seafood yang terletak di Jalan pengadilan no. 142 Pantai Timur Pangandaran. Rumah makan yuli melayani catering, konsumsi untuk acara pernikahan, rapat, dll. Rumah Makan Yuli berdiri sejak 2002 dengan 8 karyawan, pemilik Rumah Makan Yuli adalah Ibu Yuli. Rumah Makan Yuli menyediakan menu antara lain : Cumi asam manis, Ikan bakar, Udang saus tiram, Pindang gunung ikan kakap, kepiting rebus dan goreng, dan masih banyak lagi.


1.2 Visi Misi Perusahaan

•    Visi
Menjadi usaha dagang yang mampu memimpin situasi pasar dalam kondisi apa pun dengan omset yang optimal.
Menciptakan Usaha Rumah Makan Seafood terbaik dan membentuk kemandirian

•    Misi
1.    Menberikan kemudahan dalam melayani kebutuhan pokok.
2.    Menciptakan lapangan pekerjaan.
3.    Membangun semangat enterprenuer / berwirausaha.
4.    Menbangun kemandirian dalam menghadapi tantangan global.
5.    Terciptanya ekononi bersama yang mandiri.
6.    Terbentuknya usaha RM. Seafood terbaik yang mengedepankan Pelayanan. Kenikmatan dan Keberkahan.

BAB II
2.1. Business Model Kanvas



2.2. Tabel Analisis Pasar

Mengapa orang membeli barang anda ?
Fitur? Keuntungan ?

Feature
Benefits
Anda akan mendapatkan pelayanan yang baik, suasana tempat makan yang santai dan berdekatan dengan pantai, cita rasa masakan yang hanya akan anda temukan di RM Yuli.
Keuntungan membeli seafood di RM Yuli anda akan mendapatkan discount untuk makanan yang anda beli, dengan kualitas bahan makanan yang terbaik.


Bagaimana konsumen memilih barang anda ?
Pelengkap
Pelengkap
Ketika anda merasakan lapar atau rindu akan masakan laut yang fress
Anda bisa memesan melalui telepon atau datang langsung ke Rumah Makan kami.

BAB III

3.1. Uraian Business Model Kanvas Sea Food

1. Customer Segments
Segmen Pelanggan menggambarkan pangsa pasar yang diambil oleh RM Yuli yaitu kalangan menengah ke atas dengan pelanggan Touris. Jenis pasar yang diambil oleh RM Yuli adalah segmented.
2. Value Propositions
RM Yuli memberikan nilai kepada pelanggan berupa produk yaitu makanan berat dan makanan ringan. Makanan berat berupa menu Cumi asam manis, Ikan Bakar, Pindang Gunung Ikan Kakap, makanan ringan berupa Kepiting rebus dan goreng dengan variasi menu serta variasi bumbu. Proporsi nilai lain yang ditawarkan kepada pelanggan adalah tempat yang nyaman dan santai yang berdekatan dengan pesisir pantai. Dari segi pelayanan RM Yuli memberikan pelayanan yang prima.
3. Channels
Saluran yang digunakan RM Yuli adalah saluran langsung dimana pelanggan melakukan cash payment saat delivery dan melakukan pembayaran langsung saat dine in atau take away. Selain itu RM Yuli juga menggunakan media sosial untuk menjangkau para pelanggan.
4. Customer Relationships
Hubungan antara RM Yuli dengan pelanggan terjalin melalui beberapa cara yang salah satu nya cara pendeketan personal. RM Yuli ingin hubungan dengan pelanggan selalu baik sehingga RM Yuli mempunyai cara agar dekat dengan pelanggan. Cara pertama adalah Guest Comment dimana pelanggan yang datang ke outlet akan diberikan kertas kritik dan saran yang berupa kuesioner, dari kertas tersebut RM Yuli mengetahui kepuasan pelanggan. Cara kedua by phone, RM Yuli menyediakan sms center untuk menampung aspirasi pelanggan, jika ada aspirasi yang kurang baik, pihak RM Yuli akan memberikan follow up kepada pelanggan tersebut tentunya untuk memperbaiki hubungan. Cara ketiga menggunakan discount, cara seperti ini dirasa baik karena cara ini merupakan daya tarik agar pelanggan kembali lagi ke RM Yuli selain karena produk dan pelayanan.
5. Revenue Streams
Arus pendapatan yang didapatkan RM Yuli melalui penjualan langsung dari pelanggan dengan cara dine in, delivery, catering. Pendapatan yang kedua didapat melalui pembagian profit dengan produsen lain yang menitipkan makanan ringan kepada RM Yuli, walaupun hanya sedikit keuntungan yang didapat namun hal tersebut merupakan sumber pendapatan.
6. Key Resources
Sumber daya utama RM Yuli adalah aset manusia, aset finansial, aset fisik. Aset manusia berupa manajer, karyawan, dan Koki. Aset finansial yaitu bank. Aset fisik berupa gedung yang digunakan untuk outlet, kantor, dan peralatan produksi yang digunakan untuk mengolah bahan baku (kompor, gas, chiler, lemari es, dll).
7. Key Activities
Aktivitas kunci yang dilakukan RM Yuli adalah produksi dimana produksi meliputi kegiatan perancangan (pemilihan bahan baku), pembuatan (pengolahan bahan baku), penyampaian produk (hidangan yang layak disajikan pada pelanggan). Aktivitas kunci yang lain adalah penjualan dimana penjualan merupakan salah satu cara agar RM Yuli mendapatkan revenue. Promosi merupakan aktivitas kunci karena dengan promosi, RM Yuli dapat dikenal oleh masyarakat luas. Promosi yang dilakukan RM Yuli saat ini adalah promosi catering, karena arus pendapatan RM Yuli salah satu nya melalui catering.
8. Key Partnerships
Mitra utama RM Yuli adalah supplier atau pemasok bahan baku seperti Ikan, Kepiting dan cumi-cumi, supplier tersebut berperan penting akan kegiatan produksi RM Yuli.
9. Cost Structure
Struktur biaya yang dikeluarkan RM Yuli untuk gaji karyawan, produksi, promosi. Gaji karyawan merupakan biaya yang paling besar dikeluarkan karena sumber daya manusia merupakan sumber daya yang sangat penting. Kegiatan produksi membutuhkan biaya besar saat membutuhkan bahan baku namun biaya tersebut tidak lebih besar dengan biaya yang dikeluarkan untuk gaji karyawan. Kegiatan promosi membutuhkan biaya karena kegiatan ini merupakan kegiatan yang membuka peluang RM Yuli untuk mendapatkan pendapatan atau profit yang lebih tinggi.


BAB IV

4.1. Kesimpulan

RM Yuli memiliki Value Proposition yang merupakan blok yang harus dilakukan pembaharuan. Hal tersebut disebabkan oleh ancaman yang tinggi. Revenue Streams RM Yuli sangat bagus karena RM Yuli memiliki kekuatan yang tinggi dan peluang yang tinggi dikarenakan RM Yuli tidak bergantung pada satu arus pendapatan. Cost Structure RM Yuli merupakan blok yang harus diperbaharui karena memiliki ancaman yang tinggi, ancaman tersebut berasal dari biaya yang tidak dapat di prediksi. Key Resources RM Yuli sudah cukup baik karena memiliki kekuatan yang tinggi dan kelemahan yangg rendah. Key Activities RM Yuli sudah baik karena memiliki peluang yang tinggi, karena RM Yuli memiliki peluang untuk meningkatkan efisiensi. Key Partnership RM Yuli sudah baik, kekuatan yang dimiliki tinggi, hal ini disebabkan oleh hubungan yang baik antara mitra dan RM Yuli. Customer Segments RM Yuli sudah baik, RM Yuli menggunakan tipe segmented dimana pelanggan yang menjadi target RM Yuli adalah menengah ke atas. Channels RM Yuli sudah baik namun terdapat ancaman yang tinggi untuk saluran yang diciptakan RM Yuli yaitu jaringan yang digunakan pelanggan kurang luas. Customer Relationship RM Yuli sudah baik, terlihat RM Yuli memiliki ancaman yang rendah dan peluang yang tinggi.

4.2. Saran

Penelitian ini menemukan bahwa terdapat ancaman-ancaman yang tinggi, walaupun peluang juga tinggi namun RM Yuli harus melakukan antisipasi. Berdasarkan dari penelitian yang telah dilakukan, terdapat beberapa saran yang dapat disampaikan :

1.    Menambahkan media radio sebagai mitra, menggunakan radio bertujuan untuk berhubungan dengan pelanggan.
2.    Maintenance website yang dilakukan bertujuan agar RM Yuli memiliki jaringan yang luas dengan pelanggan atau mitra yang lebih luas, sehingga dapat berhubungan melalui website.
3.    Membuat sistem delivery yang lebih efisien bertujuan agar RM Yuli lebih optimal untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas.
4.    live accoustic bertujuan agar pelanggan tidak merasa jenuh dan RM Yuli dapat menciptakan nilai baru bagi pelanggan.
5.    Memberikan tempat parkir yang luas dan aman bagi pelanggan merupakan faktor penting karena pelanggan mempunyai pertimbangan sendiri saat ingin dine-in di outlet.
6.    Membuat catalog mengenai produk catering merupakan yang penting karena usaha catering yang dijalankan RM Yuli belum mempunyai publikas yang baik, salah satu publikasi tersebut adalah menggunakan catalog.
7.    Melakukan inovasi produk sangat berguna bagi RM Yuli terutama pada produksi sambal, mengingat koleksi sambal yang dimiliki RM Yuli kurang bervariatif.

Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 Yuli Agustiani - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger