Marketing mix (4p) Rumah makan seafood

Advertisemen


·         Profil 

Rumah makan Yuli adalah sebuah rumah makan yang khusus menjual makanan seafood yang terletak di Jalan pengadilan no. 142 Pantai Timur Pangandaran. Rumah makan yuli melayani catering, konsumsi untuk acara pernikahan, rapat, dll. Rumah Makan Yuli berdiri sejak 2002 dengan 8 karyawan, pemilik Rumah Makan Yuli adalah Ibu Yuli. Rumah Makan Yuli menyediakan menu antara lain : Cumi asam manis, Ikan bakar, Udang saus tiram, Pindang gunung ikan kakap, kepiting rebus dan goreng, dan masih banyak lagi

·         CASE

competitors:

Jumlah rumah makan terus bertambah tiap tahunnya, namun lestoran yang menyediakan seafood sudah memiliki banyak pelnggan setianya.

New market entrants:

Masih jaranya rumah makan yang menyediakan seafood
Subtitusi products and services:
Untuk dapat menyaingi rumah makan yuli mungkin akan sulit, karena memiliki citarasa yang khas.

costemer:

Kustomer akan terbiasa dengan masakan seafood sehingga membuat para pelanggan ketagihan.

supplier:

RM yuli memiliki supplier yang siap memberikan bahan baku ikan yang segar.

Strategi
Strategis
Manfaat
Cost Leadership:
Memberikan discount untuk pembelian produk dalam jumlah banyak.
Membuat konsumen membeli produk dalam jumlah yang besar.
Differentation:
Menggunakan bahan baku yang segar dan bumbu yang khas.
Memberikan konsumen citarasa yang khas sehingga membuat konsumen tertarik untuk datang kembali.
Focus on market niche:
Ditujukan untuk para touris dan pencinta makanan.
Meningkatkan pangsa pasar
Strengthen customer and supplier intimacy :
Menyediakan sms center
Untuk menampung aspirasi pelanggan yang kurang baik, agar hubungan semakin erat.

a.    Product

RM Yuli menyediakan aneka seafood dengan bahan-bahan yang segar dan racikan bumbu yang khas . Seafood adalah makanan yang berasal dari laut yang mengandung kolestrol yang tinggi. Sedangkan kolestrol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan diproses dalam plasma darah, seafood ini memiliki manfaat yang sangat tinggi untuk kecantika dan kesehatan.
sea food itu memiliki nutrisi yang sangat penting seperti omega-3, vitamin A, Vitamin E , Vitamin B6, Protein, Asam Lemak dan mineral.
Selain itu kelebihan yang dimiliki Seafood adalah Rendah lemak,Salah jika Anda menyangka kalau seafood mengandung banyak lemak, karena kenyataannya malah rendah lemak. Sehingga Anda tidak perlu khawatir berat badan akan bertambah jika mengonsumsi seafood.Protein,Seafood seperti salmon, makarel memiliki kadar omega-3 asam lemak yang tinggi. Dengan omega-3 maka dapat membantu Anda memiliki jantung yang sehat.Vitamin dan Mineral,Seperti yang telah disebutkan diatas Seafood tak hanya mengandung protein tapi juga vitamin dan mineral yang  sangat banyak, apalagi bila dalam mengolah tidak digoreng tapi di bakar, maka nilai gizi dan nutrisinya akan lebih bahnyak.Seafood ini juga dipercaya sebagai makanan yang lebih baik kadar nutrisinya dibandingkan dengan daging atau telur.Penglihatan Jadi lebih baik,Seafood terutama ikan rendah kolesterol dan kalori  bahkan kaya akan omega-3. Dengan mengonsumsi ikan dua hingga tiga kali dalam seminggu maka akan membuat penglihatan jadi lebih baik.       

b.    Price          

Salah satu strategi penting dalam strategi pemasaran adalah harga. Seafood yang dijual di RM Yuli memiliki harga yang relatif murah.
Apabila pembeli membeli atau memesan dlam jumlah yang cukup besar maka RM Yuli akan memberikan discount yang cukup besar, contohnya pemesanan untuk pernikahan atau acara-acara besar lainnya.

c.    Place

RM Yuli ini bertempat dipinggir pantai yang nyaman dan berdekatan dengan objek wisata dan hotel-hotel besar.
Dari hasil wawancara yang dilakukan kepada responden, terlihat bahwa kelompok responden paling banyak melakukan pembelian Seafood. Urutan selanjutnya responden melakukan pembelian masakan padang di warung-warung pembelian di pinggir  jalan.

d.   Promotion

Promosi sangat penting dalam memperkenalkan produk kepada masyarakat luas. Media promosi yang dapat digunakan untuk promosi antara lain iklan radio, selebaran, poster, spanduk, plakat maupun pamflet. Keberhasilan iklan yang dilakukan oleh RM Yuli baru pada tahap konsumen mengetahui keberadaan RM Yuli. Perusahaan percaya bahwa produk yang kinerjanya bagus akan mempromosikan dirinya sendiri. Strategi promosi yang dilakukan hendaknya merupakan strategi untuk meningkatkan jumlah segmentasi konsumen sekaligus meningkatkan konsumsi pelanggan yang telah loyal terhadap Seafood dari segi produk maupun dapat merespon pembelian ulang produk.
Dari hasil wawancara dengan responden, sebagian besar responden mengetahui produk Seafood dari Iklan di Radio. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan promosi yang dilakukan oleh RM Yuli melalui iklan di radio sudah sangat efektif.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 Yuli Agustiani - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger