Inilah Akibat Memasang Ram Tidak Benar

Advertisemen
Inilah Akibat Memasang Ram Tidak Benar
Inilah Akibat Memasang Ram Tidak Benar
Memori akses acak (bahasa Inggris: Random access memory, RAM) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan. sorce: https://id.wikipedia.org/wiki/Memori_akses_acak

Dalam beberapa hal ram ini memegang peranan yang cukup penting dalam berjalannya suatu sistem komputer untuk itu jangan sampai anda memasang ram dengan tidak benar, bagi anda yang masih awam atau bagi anda yang tidak pernah sama sekali mengoprek atau membongkar atau melakukan pembongkaran pada komputer/laptop lebih baik pastikan RAM yang anda pasang sudah tertancap dengan benar jika sewaktu-waktu anda melakukan pencopotan ram saat melakukan upgrade RAM.

Akibat Salah Memasang RAM
Dalam beberapa kejadian pemasangan ram yang salah akan mengakibatkan kerusakan pada motherboard seperti yang ditulis oleh salah satu user kaskus dengan judul : salah pemasangan ram bahwa komputernya tidak mau menyala, dan berikut adalah beberapa akibat yang timbul karena pemasangan ram yang salah.

1. Laptop tidak mau menyala
Ketika ram dipasang tidak benar atau tidak pas pada slot yang ada maka laptop akan menyala namun hanya lampu-lampu tombol saja yang menyala seprti lampu capslock dan lampu power, hal ini sudah saya alami sendiri ketika memasang double ram namun dislot pertama saya memasang dengan kurang telitu sehingga laptop atau layar laptop saya tidak mau menyala.
2. Kerusakan pada motherboard
Seperti yang dilansir pada form kaskus ada beberapa user yang mengalami kerusakan pada motherboard nya akibat memaksakan menancap ram dengan posisi terbalik sehingga mengakibatkan terbakarnya beberapa circuit, namun jika hanya bagian slot nya saja yang rusak mungkin masih bisa diperbaiki dengan hanya mengganti slot nya saja namun apabila chipset ikut korslet agan harus melakukan penggantian motherboard.
Walaupun hanya hal sepele tolong jangan disepelekan karena ini bakal mengakibatkan kerusakan yang cukup fatal pada motherboard milik anda nantinya.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 Yuli Agustiani - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger