Cara membuat auto shotdown windows

Advertisemen
Cara membuat auto shotdown windows
Cara membuat auto shotdown windows
Cara membuat auto shotdown windows - Mematikan komputer windows secara otomatis hal ini sangat cocok bagi anda yang menyukai cara hidup teratur dengan menjadwal penggunaan komputer anda saat bekerja, karena terlalu banyak berdiam diri di depan layar juga kurang baik.

Setelah melakukkan beberapa kunjungan ke blog lainnya saya menemukan ide untuk membuat shortcut agar windows dapat otomatis mati dengan timer yang telah diset sebelumnya dan pada kesempatan kali ini saya akan membagikannya kepada anda.

Langkah 1 : Cara membuat shortcut di desktop

Terlebih dahulu kita akan membuat shortcut pada desktop yang nantinya akan kita arahkan ke shotdown timer yang akan kita buat nanti.
cara membuat auto shotdown windows
membuat shorcut - cara membuat auto shotdown windows

1. Klik kanan pada Desktop
2. Pilih New.
3. Pilih Shortcut.

cara membuat auto shotdown windows
membuat shortcut - cara membuat auto shotdown windows
Setelah muncul form seperti gambar diatas langkah selanjutnya adalah mengisi target lokasi shortcut yang akan kita buat untuk melakukan auto shotdown pada windows milik kita, untuk itu ikuti langkah selanjutnya.

Langkah 2 : Lokasi target shotdown windows

Pada langkah ke 2 ini kita akan memasukan target shotdown pada windows, secara umum target shotdown windows adalah beralamatkan di :
shutdown.exe /S /T
Target lokasi diatas belum termasuk waktu yang akan kita atur pada shortcutnya jadi jika kita buat shortcut dengan target tersebut ketika shortcut di klik maka windown akan otomatis mati. Hal ini sangat cocok untuk anda yang suka jail kepada teman dengan cara merubah semua target shortcut yang ada dengan target tersebut.

Selanjutnya kita akan buat target lokasi dengan mengatur timer shotdown nya saat kita klik.

1. Target auto shotdown dengan waktu 2 Jam
shutdown.exe /S /T 7200
Dengan target tersebuh komputer akan otomatis mati setelah melakukan hitungan mundur selama 7200 Detik, jadi angka 7200 disana adalah menandakan detik. 

Jadi perhitungan nya adalah sebagai berikut : 60 x 60 = 3600 (1 Jam) x 2 = 7200

2. Target auto shotdown dengan waktu 1 Jam
shutdown.exe /S /T 3600
Dengan target tersebuh komputer akan otomatis mati setelah melakukan hitungan mundur selama 3600 Detik, jadi angka 3600 disana adalah menandakan detik 3600 detik yang setara dengan 1 Jam.

Untuk penghitungan waktu lainnya silahkan ubah angka yang ada pada target lokasi dan masukan target lokasi tersebut kedalam shortcut yang akan dibuat, seperti contoh gambar dibawah ini:
 
Cara membuat auto shotdown windows

Setelah memasukan target lokasi pada kolo yang telah disediakan langkah selanjutnya klik Next.
Cara membuat auto shotdown windows

Silahkan beri nama shortcut yang dibuat, dan selanjutnya silahkan klik Finish.

Setelah step dilakukan dengan benar dan pengaturan waktu telah sesuai seperti yang anda jadwalkan maka shortcut akan muncul pada desktop, Anda dapat mengubah icon serta nama shortcut nya setelah dibuat apabila tidah sesuai keinginan anda sebelumnya.

Nantinya ketika shortcut yang kita buat diklik maka akan muncuk notif pada taskbar seperti gambar dibawah ini :
Cara membuat auto shotdown windows

Setelah muncul notif seperti itu maka hitungan mundur komputer untuk memulai auto shotdown dimulai, sampai sini saja posting yang saya buat jika ada step yang kurang dimengerti silakan tanyakan pada kolom komentar.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 Yuli Agustiani - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger